loader image
DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur
031-8290186, 8280433
031-8380932

Tingkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dinas PU Bina Marga Jatim Gelar Bimtek PKRMS

DPU Bina Marga Provinsi Jawa TimurBeritaBerita DPU Bina MargaTingkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dinas PU Bina Marga Jatim Gelar Bimtek PKRMS

Tingkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dinas PU Bina Marga Jatim Gelar Bimtek PKRMS

  • Comments: 0
  • Posted by: Author Bina Marga Jatim

Penulis: Arditya
Editor: Dedi Suntoro
Pejabat : Aini, Aria dan Risky

SURABAYA (16 Juni 2024) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS) untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola kondisi jalan, khususnya menyamakan persepsi terkait kondisi jalan.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas PU Bina Marga Jatim, Arif Endro Utomo, S.T., M.T ini dilaksanakan selama tiga hari, Rabu-Jumat (12-14 Juni 2024) dan bertempat di Hotel Double Tree by Hilton Surabaya, Jl. Tunjungan No.12, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.

Dalam sambutannya, Arif menekankan pentingnya penggunaan data yang konsisten dan pendekatan yang seragam. Menurutnya, tujuan utama bimtek ini adalah untuk mengurangi perbedaan persepsi antara Bidang dan Tim Survey Kondisi Jalan dari Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) di lingkup Dinas PU Bina Marga Prov Jatim dalam menilai kondisi jalan.

“Dengan standar yang seragam menggunakan PKRMS, diharapkan baik Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) maupun Dinas dapat memiliki pendekatan yang sama dalam mengevaluasi kondisi jalan.” jelasnya.

Dengan terselenggaranya Bimtek ini, Arif berharap adanya peningkatan dalam keseragaman penilaian kondisi jalan antara berbagai pihak terkait, sehingga pengambilan keputusan terkait pemeliharaan jalan dapat lebih efektif dan efisien.

“Bimbingan Teknis PKRMS ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis, tetapi juga untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam manajemen jalan memiliki pemahaman yang seragam dan mendalam terhadap kondisi infrastruktur jalan di Jawa Timur,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, Bimtek ini tidak hanya memberikan teori kepada peserta pada hari pertama, tetapi juga melibatkan survey kondisi jalan atau praktek lapangan secara langsung pada hari kedua, dan penginputan data hasil survey lapangan hingga diskusi pada hari ketiga.

Sebagai informasi tambahan, acara Bimtek PKRMS ini mengundang keduabelas Kepala UPT di lingkup Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur beserta staff perwakilannya. Dan juga, menghadirkan 2 orang narasumber mewakili Hempel Indonesia dan PT Leica Geosystems Indonesia serta 4 orang PKRMS Specialist, Indradi Vembri Hartanto, Adi Warsito, Handi Prayitno, Kuntoro Aji.  (BM News)

Leave a Reply