loader image
DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur
binamarga@jatimprov.go.id
031-8290186, 8280433
031-8380932

Jelang Musim Kemarau, UPT PJJ Kediri Laksanakan Pembersihan Permukaan dan Bawah Jembatan

DPU Bina Marga Provinsi Jawa TimurBeritaBerita DPU Bina MargaJelang Musim Kemarau, UPT PJJ Kediri Laksanakan Pembersihan Permukaan dan Bawah Jembatan

Jelang Musim Kemarau, UPT PJJ Kediri Laksanakan Pembersihan Permukaan dan Bawah Jembatan

  • Comments: 0
  • Posted by: Author Bina Marga Jatim

Penulis: Arditya
Editor: Dedi Suntoro
Pejabat Penghubung: Ajeng
Sumber: UPT PJJ Kediri

Kediri (13 Mei 2024) – Menjelang datangnya musim kemarau, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Kediri, melaksanakan kegiatan pembersihan permukaan dan bawah jembatan Ngampel di Ruas Jalan Ahmad Dahlan (Link 121.13K) dan Jembatan Gayam di Ruas Jalan Gatot Subroto (Link 121.12K), Senin (13/5).

Pelaksana Jembatan UPT PJJ Kediri, Nyoto mengatakan, kegiatan ini merupakan pemeliharaan rutin untuk menjaga kebersihan di area jembatan dan meminimalisir sampah berupa sampah dan sedimen yang berada di titik tersebut.

Dijelaskannya, pembersihan bagian bawah jembatan meliputi hanyutan materialmaterial seperti ranting pohon dan sampah yang tertahan pada struktur jembatan, yang dikhawatirkan berpotensi dapat mengganggu atau merusak struktur dari jembatan. Selanjutnya, dilakukan pengerukan sedimen/endapan tanah dibeberapa titik yang menggagu aliran sungai.

“Pada bagian atas jembatan juga dilakukan pembersihan sedimen/endapan tanah yang menutupi bagian pipa cucuran sampai terlihat bagian dasar pipa/tembus , dan beberapa sedimen yang masuk ke dalam badan jalan serta pembersihan rumput liar di bagian sekitar jembatan,” jelasnya.

“Bekas pembersihan tersebut diangkut penggunakan truk untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir yang telah ditentukan,” imbuhnya.

PPK Wilayah I Jeffri Primantyca Mujito, S.T menambahkan, kegiatan pembersihan jembatan yang dilakukan menjelang musim kemarau ini sangat efektif, sebab debit air sungai tidak terlalu deras sehingga proses pembersihan tidak terkendala dan bisa maksimal.

Jeffri juga berharap, Kegiatan pembersihan jembatan dapat juga didukung dengan kepedulian masyarakat untuk bersama sama menjaga lingkungan sungai demi mewujudkan bersih, lestari, dan sehat.

“Tentu kami berharap dukungan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan disekitar jembatan, sehingga sungai bersih akan menambah keindahan dan keasrian,” pungkasnya. (BMNews)

Leave a Reply