loader image
DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur
031-8290186, 8280433
031-8380932

Gelar Sosialisasi BK-Desa, Kades Apresiasi Dinas PU Bina Marga Jatim

DPU Bina Marga Provinsi Jawa TimurBeritaBerita DPU Bina MargaGelar Sosialisasi BK-Desa, Kades Apresiasi Dinas PU Bina Marga Jatim

Gelar Sosialisasi BK-Desa, Kades Apresiasi Dinas PU Bina Marga Jatim

  • Comments: 0
  • Posted by: Author Bina Marga Jatim

Penulis: Arditya
Editor: Dedi Suntoro
Petugas: Aria

MADIUN (28 JUNI 2024) – Kegiatan Sosialisasi Persiapan Pencairan dan Pengumpulan Dokumen Kelengkapan Bantuan Keuangan Desa (BK-Desa) Tahun Anggaran 2024 yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (28/6) di Hotel Aston Madiun, mendapat apresiasi dari para kepala desa.

Salah satunya adalah Suyono, yang merupakan Kepala Desa Selodono, Kecamatan Wringinrejo, Kabupaten Kediri. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu dirinya dan perangkat desa yang dipimpinnya untuk tertib administrasi, sehingga bantuan keuangan yang dibutuhkan desanya dapat segera cair dan dimanfaatkan untuk pembangunan desanya.

“Bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur memang sangat kami butuhkan, terutama di desa kami yang memiliki wilayah yang cukup luas, dengan jumlah UMKM yang sangat banyak. Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan dana BK-Desa, ini sangat membantu kami,” kata Suyono saat ditemui Tim BMNEWS usai sosialisasi tersebut.

Lebih lanjut Suyono mengatakan, BK-Desa ini nantinya akan digunakan untuk membangun kebutuhan infrastruktur di wilayahnya. Diantaranya, pembuatan akses jalan, trotoar di depan kantor desa, dan perbaikan saluran sanitasi. Dirinya berharap, infrastruktur tersebut dapat menunjang perekenomian warganya.

“Akses jalan kami sangat ramai, dan adanya saluran sanitasi membuat jalan yang ada menjadi sempit. Akhirnya, saya mengusulkan BK-Desa untuk membangun jalan dan trotoar, sehingga nantinya teman-teman UMKM bisa lebih aman untuk berjualan. Jadi kami ucapkan terimakasih kepada Dinas PU Bina Marga Jatim atas BK-Desa ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemeliharaan DPU Bina Marga Jatim, Ir. Agus Sutanto, S.T., M.MT. mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan kelengkapan data administrasi yang dibutuhkan dalam pencairan BK-Desa, tepatnya bagi desa-desa yang memenuhi kriteria dan terpilih untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Kami ingin memastikan kelengkapan dokumen yang diperlukan sehingga pencairan bantuan keuangan dapat dilakukan tepat waktu dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jadi diharapkan semua data administrasi, baik yang asli maupun yang ada perubahan,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber kegiatan ini, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Pertama Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Ari Dwiyanto, S.S menekankan kepada pemerintah desa tentang pentingnya ketertiban administrasi dokumen pencairan dan pertanggung jawaban.

“Teman-teman pemdes harus paham betul bahwa dokumen-dokumen tersebut merupakan hal wajib yang harus diikuti sesuai ketentuan. Diantaranya, Laporan Pertanggungjawaban atau LPJ merupakan kewajiban setelah temen-teman pemdes menerima dana BK Desa,” ujarnya.

Lebih lanjut Ari menambahkan, kegiatan BK desa ini merupakan tanggung wajib sepenuhnya oleh pemdes. Karena itu, pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk kelengkapan dokumen sebagai sebuah syarat pencairan.

“Selain itu, juga memastikan bahwa usulan yg teman-teman pemdes sampaikan melalui SIPD sudah dilakukan verifikasi oleh Dinas PU Bina Marga Jatim, dengan melihat dokumen fisik dari proposal yang merupakan usulan yang mereka sudah upload di SIPD,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi ini dihadiri sebanyak 56 kepala desa dari wilayah Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Kediri, Bojonegoro, Madiun, dan Pacitan. (BMNews)

Leave a Reply