loader image
DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur
031-8290186, 8280433
031-8380932

Apresiasi Kepedulian DPU Bina Marga Jatim, Masyarakat Situbondo Siap Dukung Kelancaran Penggantian Jembatan Bagor

DPU Bina Marga Provinsi Jawa TimurBeritaBerita DPU Bina MargaApresiasi Kepedulian DPU Bina Marga Jatim, Masyarakat Situbondo Siap Dukung Kelancaran Penggantian Jembatan Bagor

Apresiasi Kepedulian DPU Bina Marga Jatim, Masyarakat Situbondo Siap Dukung Kelancaran Penggantian Jembatan Bagor

  • Comments: 0
  • Posted by: Author Bina Marga Jatim

Penulis: Arditya
Editor: Dedi Suntoro
Pejabat : Aria

BANYUWANGI (12 JUNI 2024) – Jembatan Bagor yang terletak di Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo telah melebihi umur rencananya, yakni empat puluh tahun. Karena itu, demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat setempat, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan pembangunan/penggantian jembatan tersebut pada tahun ini.

Kepedulian Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur itu mendapat apresiasi dari warga desa terdampak diantaranya Desa Kalibagor dan Desa Kotakan, yang diwakili oleh Camat Situbondo, Jupri Setyo, S.STP. Hal ini disampaikanya saat diwawancarai Tim BMNEWS usai kegiatan Konsultasi Publik Paket Penggantian Jembatan Bagor, bertempat di Pendopo Kecamatan Situbondo, Kab. Situbondo, Selasa (11/6).

Jupri mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana penggantian jembatan tersebut. Menurutnya Jembatan Bagor memang usianya sudah sangat lama, sehingga sudah saatnya dilaksanakan perbaikan. Kemudian, dari sisi lalu lintas pun juga mengkhawatirkan. Sebab, posisi jembatan berada lebih ketengah dari lebar jalan yang ada (bottle neck), sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas di malam hari.

“Kami harap dengan penggantian jembatan ini, masyarakat di Kecamatan Situbondo dapat memberkan dukungan serta bersinergi dengan semua pihak yang terlibat. Semoga penggantian jembatan ini bisa membawa kemajuan untuk masyarakat Kecamatan Situbondo, dan secara umum masyarakat Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT PJJ Banyuwangi, Ir. Tutut Putro Tri Wicaksono, S.T.,M.T. mengatakan, kegiatan konsultasi public ini digelar sebagai sosialisasi kepada masyarakat di Kecamatan Situbondo, serta Desa Kalibagor dan Desa Kontakan pada khususnya, tentang pembangunan/penggantian Jembatan Bagor.

“Karena Jembatan Bagor yang lama dibuat dengan konstruksi pasangan batu bata sudah mencapai atau melebihi umur rencana 40 tahun, dan lebarnya juga kurang dari tujuh meter. Jadi perlu diganti dengan jembatan yang baru yang lebarnya sudah memenuhi standar jalan dan jembatan provinsi. Juga untuk mengakomodir muatan atau beban kendaraan yang lewat, karena saat ini kendaraan yang melewati jalan provinsi semakin berat,” katanya.

Lebih lanjut Tutut menjelaskan, Jembatan Bagor yang baru nantinya adalah Jembatan Rangka Baja A60, dengan panjang bentang 60 meter serta lebar 10 meter. Adapun masa pelaksanaan pembangunannya selama 210 Hari  yang dimulai pada 28 Mei 2024 s.d. 23 Desember 2024.

Adapun selama penggantian Jembatan Bagor tersebut dilaksanakan, akan ada jembatan darurat yaitu jembatan bailey dengan spesifikasi, panjang jembatan 45 meter, lebar lintasan kendaraan 4,20 meter, dan panjang jalan pendekat sekitar 35,00 Meter + 25,00 Meter. Jembatan ini dapat dilalui kendaraan dengan kapasitas maksimum 20 ton (berat kendaraan+muatan).

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar, membawa berkah dan manfaat,” pungkas Tutut. (BM News)

Leave a Reply